Memperbaiki Mata Malas

Mata malas atau ambliopia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penglihatan yang buruk yang disebabkan oleh favoritisme otak terhadap mata yang lain, paling sering dikaitkan dengan rabun jauh atau rabun jauh yang parah. Mata malas mempengaruhi sebagian besar bayi dan balita. Mata mungkin tampak normal pada awalnya tetapi jika tidak diobati pada tahap awal dapat menyebabkan kebutaan atau kehilangan penglihatan pada mata malas. Seseorang yang menderita ambliopia tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas karena masalahnya terletak di jalur antara mata dan saraf. Kunci pengobatannya adalah pada deteksi dini dan pengobatan yang teratur.

Deteksi dini

Memiliki masalah yang didiagnosis pada tahap awal adalah solusi terbaik untuk ambliopia. Ini adalah gangguan sinar uv merusak mata mata yang dapat disembuhkan dan deteksi dini dapat menyelamatkan penglihatan orang tersebut. Pada usia dini, anak dengan ambliopia mungkin mengeluhkan penglihatan kabur pada satu mata. Ini tidak boleh disangkal karena ini bisa menjadi gejala gangguan. Namun, untuk anak-anak yang tidak dalam usia berbicara, gejalanya termasuk mata juling, mata secara bersamaan ke arah yang berbeda, atau anak mungkin cenderung menutup satu mata. Seiring bertambahnya usia anak, jalur visualnya menjadi lebih permanen, yang umumnya cenderung pada usia 7 tahun. Di luar usia ini, akan sulit untuk mengobati gangguan tersebut. Lebih sering, anak-anak dengan kondisi ini di atas usia 7 memiliki sedikit atau sedikit kesempatan untuk perbaikan sama sekali.

Pilihan pengobatan

Untuk memperbaikinya, dokter mata akan membutuhkan penutup mata pasien yang baik. Menambal memungkinkan otak untuk menyesuaikan diri dengan menggunakan kedua mata. Ini mungkin bukan pilihan koreksi invasif tetapi anak-anak biasanya bereaksi negatif terhadap patch. Mereka merasa tambalan itu tidak klinik mata jakarta nyaman dan membatasi gerakan mereka. Oleh karena itu, patch harus dilakukan pada saat anak paling sadar atau saat tidak bermain atau di sekolah, tetapi harus dilakukan terus-menerus. Durasi patching yang disarankan adalah minimal 2 jam setiap hari.

Selain patch, pilihan lain untuk perawatan mata malas termasuk terapi penglihatan. Penggunaan peralatan disesuaikan dengan pasien yang meliputi prisma, lensa dan filter. Teknik ini, bagaimanapun, bukanlah jaminan yang lengkap dan cukup mahal.

Prosedur pembedahan seperti LASIK dapat dilakukan dalam kondisi ekstrim dimana masalah terkait mata juling. Sebelum prosedur, ada beberapa tes skrining yang harus dilakukan karena operasi ini adalah perawatan untuk menghilangkan masalah.

Salah satu perawatan yang biasanya diresepkan oleh dokter mata adalah tetes atropin yang harus diberikan di bawah pengawasan. Obat diteteskan ke mata yang baik untuk melebarkan pupil yang akan menyebabkan penglihatan kabur. Hal ini memungkinkan otak untuk menggunakan mata malas, sebagai gantinya dan berkonsentrasi padanya. Namun, metode ini juga masih diperdebatkan karena pengobatan berlangsung hingga 3 hari dan efek samping obat tetes pada mata yang baik tidak pasti.

Orang tua dianjurkan agar anaknya (bayi 6 bulan) menjalani pemeriksaan mata komprehensif dan pada usia 3 tahun. Setiap penyakit atau kelainan, begitu terdeteksi dini meningkatkan kemungkinan koreksi atau pengobatan.

Leave a Comment